Tips mencari uang dengan kamera #5

Tips mencari uang dengan kamera #5
Membuat situs web




Situs web merupakan sarana yang tepat bagi fotografer untuk memamerkan karya-karyanya, dan siapa saja bisa membuatnya.

Ada berbagai cara untuk bisa bergabung di dunia maya, dan membangun situs web hanya salah satunya. Bisa juga dengan membuat "bog", serupa jurnal online, lalu unggah ke situs web Ditigal Camera (www.dcmag.co.uk) atau flickr, atau situs-situs jaringan sosial seperti Facebook dan MySpace yang kian marak selama beberapa tahun belakangan. Anda bisa memulainya dari sekarang, tanpa perlu menguasai pengetahuan teknis dan juga tanpa biaya. Tinggal sesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. Kami akan menjelaskan pilihannya, menunjukkan hal yang harus dilakukan, dan memberitahukan cara mengembangkan situs web menjadi saran mencari uang.

Mendesain Situs

Untuk membuat situs web konvensional, ada 4 hal yang diperlukan :

- Web hosting - perusahaan yang akan menjual dan menampilkan situs secara online.

- Domain pilihan - alamat situs web yang diinginkan.

- Software desain situs web - software yang biasanya dijalankan di computer, meski beberapa layanan menawarkan fasilitas mendesain online.

- Unggah - sarana untuk mengantarkan halaman web dari komputer anda ke host web.



Layanan web hosting dikenakan tarif iuran, tapi biayanya relatif murah, kecuali bila menginginkan fasilitas tertentu. "Domain" internet juga harus didaftarkan dan memiliki tarif tertentu, tapi biasanya ditangani oleh perusahaan hosting dalam 1 paket. Software desain web tersedia dalam berbagai format, dan masalahnya mendesain web lebih rumit daripada dekstop publishing. Setiap halaman web tersusun atas berbagai kode tak terlihat. Program untuk mengedit halaman web terlihat cukup mudah digunakan, tetapi tetap akan memerlukan panduan untuk memakai kode2 tersebut. Cukup repot, memang.

WebPlus Serif cocok untuk pemula pengguna PC, sementara pengguna Mac bisa mencoba iWeb (bagian dari iLife suite) atau Freeway Express. Pengembang web profesional akan menggunakan program seperti Adobe DreamWeaver. Selain biaya untuk membeli software program ini, perhitungkan juga biaya untuk mengembangkan situs, misalnya waktu yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk memotret.


Freeway Express akan membantu mendesain situs agar tak kerepotan dengan kode-kode.

Jangan meremehkan waktu, usaha, dan proses pengusaan pemrograman yang diperlukan jika membuat situs sendiri. Beberapa fasilitas seperti membuat pustaka foto pribadi agar klien bisa mencari foto tertentu, lengkap dengan keranjang pembelian dan file resolusi tinggi yang bisa diunduh klien, mungkin berada di luar kemampuan pembuat situs amatir. Namun, memesan pada pembuat situs profesional mungkin akan menghabiskan dana hingga jutaan rupiah. Masalah ini bisa jadi dilemma : mendesain sendiri situs web atau menggunakan jasa profesional yang biayanya mahal?

Ada sejumlah situs yang menawarkan desain situs dan hosting untuk fotografer dengan biaya tertentu, seperti www.amazinginternet.com , www.clikpic.com , dan www.photium.com . Layanan ini menawarkan banyak template yang memudahkan pengaturan galeri dan menjual hasil cetak foto melalui lab foto pihak ketiga dengan tarif tertentu. Sama seperti cara lainnya, layanan ini juga memerlukan biaya, tapi menjadi cara mudah membuat galeri untuk mempromosikan karya anda.


source

0 comments:

Posting Komentar